-->

Popular Posts

Panduan Lengkap Membuat Blog Terbaru 2019 Khusus Pemula


Ketika anda mendengar kata-kata yang tidak asing yaitu ''blog'' pastinya dekat dengan kaitannya mendapatkan uang di internet. Memang blog itu salah satu jalan untuk mendapatkan uang secara online, begitupun youtube yang juga bisa mendapatkan penghasilan lewat internet. Perbedaan blog dan youtube adalah letaknya tampilan website pada halaman mukanya. Kalau blog mereka berbasis tulisan yang hasil ketikan seseorang, sedangkan youtube mereka berbasis video yang hasil rekaman seseorang.

Membicarakan blog yaitu (weblog) artinya anda harus membuat sebuah website, tentunya anda sudah melihat didepan mata terutama yang saya tulis ini adalah blog. Blog tidak memperlukan modal yang besar, hanya menggunakan paket internet dan sebuah laptop. Mungkin paket internet, dan laptop sudah dibilang kebutuhan pokok pada setiap bulan.

Tujuan membuat blog:
  1. Mendapatkan uang secara online
  2. Memiliki kesibukkan
  3. Memiliki bisnis sampingan
  4. Terlihat professional karena memiliki website pribadi
  5. Mendapatkan pahala karena memberi informasi ke semua orang
  6. Banyak menyerap ilmu-ilmu yang kalian belum ketahui.

Cara Membuat Blog Lengkap Khusus Pemula

1. Pastikan anda memiliki akun Gmail, jika belum silahkan daftar di gmail.com

2. Anda pergi ke halaman utama blog yaitu di Blogger.com

3. Daftar akun blog dengan menggunakan akun gmail anda.

4. Klik pada situs baru

Baca Peraturan: Pada tab Tittle silahkan isi terserah anda seperti selamat datang, info menarik lainnya, dan sebagainya. Tittle akan terlihat pada di Tab Chrome, akan tertulis apa yang kamu tulis di Tittlenya. ADDRESS sebelum anda mengisinya, silahkan kunjungi berikut ini Blog Itu Apa Sih?. Kenapa harus baca? akan ada terdapat sebuah tipe-tipe website contohnya ada tipe kesehatan, tipe masak-masakkan, tipe tutorial teknologi, tipe gaming dan lainnya. Kenapa? karena konten-konten seperti itu, harus cocok dengan alamat url kalian. Contohnya anda membuat konten masak, jadi buat alamat seperti kokikeren,blogspot,com, caramasak,blogspot,com dan lain-lain.

Address atau Alamat URL adalah hal paling penting untuk jangka kedepan, jika anda mengubah-ubah alamat url berkali-kali maka pengunjung akan turun drastis karena Google hanya membaca url yang sudah keindex (url lama). Jadi hal ini adalah harus dipikir secara matang, demi kebaikan website kalian.

5. Silahkan pilih tema sesuai selera kalian (kalau saya Contempo)

Cara Membuat Artikel Khusus Pemula

1. Klik pada Entri baru atau New Post.



2. Silahkan isi dahulu pada judul tentang artikel yang anda tulis.


Kalau di lihat-lihat tampaknya sudah tidak asing yang namanya Microsoft Word. Mungkin hal ini tidak perlu dijelaskan, karena saya percaya bahwa kalian sangat handal menggunakan Microsoft Word. Microsoft Word biasanya digunakan untuk membuat tugas-tugas sekolah, dan saya percaya anda mengerti pada tampilan di blogger ini.


Mengisi label adalah hal yang wajib bagi seorang blogger. Label berfungsi sebagai mempermudah pencarian artikel yang ingin dicari. Kalau bagi seorang professional, lebih baik menggunakan label yang terdiri satu kata saja. Kuncinya adalah one post one label, itu adalah kunci sukses seorang blogger. Kenapa hanya satu kata saja?, satu kata adalah sangat populer atau mudah jika ingin banyak pengunjung. Label bisa dibilang adalah Keyword (katakunci) jika seorang mencari kata kunci yang sama dengan nama label kalian, maka terdapat link akses ke artikel kalian yang anda tulis. Contohnya anda membuat artikel tentang cara membuat tempe dengan label masakan murah, jika seseorang mencari kata kunci masakan murah akan terdapat artikel kalian dihalaman google.

JANGAN LUPA, MEMBUAT ARTIKEL DENGAN GAMBAR.
Kata-kata emas dari google biasanya ciri-ciri orang pemalas, artikelnya tanpa gambar sama sekali. Lebih baik anda mencari gambar di google (tidak copas/di save as dulu), dan taruh di artikel anda.



Sebelum dipublikasikan, sebaiknya anda mereview ulang hasil artikel anda apakah berantakan, atau typo?. Sering-sering mereview ya, agar tidak ada kata-kata yang pedas apalagi menyindir si pembaca. Kata-kata lebih tajam dari pada pedang :)

Belajar Menata Website (Tata Letak atau Layout)

Silahkan anda pergi ke TataLetak pada dasbor blogger anda, lalu perhatikan letak-letak dari headernya, main postingannya, sidebar, dan bagian bawahnya.
Sering-seringlah klik View Blog / Lihat Blog agar website terlihat rapi dan enak dimata pengunjung.
 Apa saja poin-poin penting yang ada di website?
  1. Menu (baca ini Cara Bikin Menu
  2. Kotak pencarian pada side-bar
  3. Postingan populer
  4. Profil G+ (untuk sekarang sudah tidak ada)
Coba anda lihat disekitar blog kami, tampaknya semua poin poin sudah diterapkan di Tata Letaknya. Bagi anda yang ingin belajar silahkan mengikuti tutorial ini.

1. Silahkan anda membuat widget-widget yang harus digunakan seperti diatas

2. Klik tambahkan widget



3. Silahkan tambahkan widget seperti postingan populer, postingan terbaru, dan lain-lain.

4. Silahkan sering-sering lihat blog anda, apakah widgetnya bagus atau tidak.

5. Jika tidak, maka buka TataLetak silahkan klik Edit dan hapus widget tersebut.


Cara Mengganti Template Blog Khusus Pemula

Mungkin kalian sering mengunjungi beberapa website dengan tampilan yang berbeda, ada yang warna merah, putih, biru, dan lain-lain. Begitupun dengan fitur-fitur yang ada ditemplate berbeda dengan fitur-fitur template anda sendiri. Pastinya lama-lama anda akan bosan dengan template yang disediakan blogger karena tidak sangat menarik dan monoton.

Mengganti template terkeren bukanlah hal yang sulit, biasanya template milik orang lain sungguh sangat indah. Sebaiknya bagi yang pemula harus mendapatkan template dari google atau tempat terkenal, sebenarnya bisa sih membuat template sendiri tetapi itu sangat sulit harus memahami kode-kode html layaknya Hacker.
Template terbaik khusus pemula biasanya bisa didapatkan di Btemplates, silahkan di unduh template yang kalian suka lalu diupload file xml nya.

Cara Mengganti Template:

1. Pergi ke Theme/Tema

2. Silahkan klik Backup/Restore




3. Silahkan klik Choose file



4. Pilih file yang bertipe XML setelah didownload tadi.

5. Hapuskan widget-widget yang tidak berguna di Tata Letak


Beberapa Jalur Prestasi Khusus Blog Pemula

KONSISTENSI MENULIS

Bahasa blogger biasanya menulis padahal kerjaannya mengetik. Karena kalo diucap mengetik, rada-rada tidak enak didengar. Karena blogger memang dasarnya situkang penulis. Judulnya adalah Konsisten, yaitu anda harus rajin selama membuat blog baru. Membikin blog baru harus memperbanyak konten dan artikel, yang penting website anda memiliki kelengkapan konten. Hal ini harus diterapkan bagi anda yang baru mulai sebagai blogger pemula.

BELAJAR MODIFIKASI

Anda harus belajar bagaimana bisa website menjadi unik. Tentunya anda harus belajar cara modifikasi dari yang mengedit Popular Post, Label, dan lainnya. Selama anda menggunakan TataLetak saatnya anda pahami kode-kode HTML seperti mengedit Edit Nama Sumber TemplateEdit Kotak Komentar Biar Keren, dan lainnya, karena tidak bisa dilampirkan semuanya.

PARAGRAF PERTAMA (TO THE POINT)

Banyak blogger pemula biasanya diawal menulis harus memperkenal diri atau basa-basi, sebenarnya hal ini adalah salah besar. Kenapa? coba deh anda mencari artikel di google apa saja, biasanya terdapat Link, Judul Postingan, dan Paragraf pertama. Orang-orang indonesia jujur hanya melihat jawaban yang ia cari, bukan tulisan yang tidak jelas basa basi lah, kenalin diri lah, pokoknya gak jelas sehingga orang-orang enggan mengklik artikel anda. Tapi bagi saya walaupun orang indonesia, saya bisa memprediksi mana sih website yang berkualitas kontennya. Kalau yang udah pengalaman ngeblog, biasanya bisa membedakan blog berkualitas dan tidak, tapi hal ini mungkin anda akan bisa membedakannya ketika anda sudah pengalaman.

Penutup:

Jika artikel ini sangat bermanfaat jangan lupa sebar artikel ini ke teman-teman kalian. Karena menyebar kebaikan adalah hal yang wajib dilakukan. Jangan lupa tinggalkan komentar sebelum meninggalkan artikel ini.

Read Also:

Related Posts

No comments: